Minggu, 04 Desember 2011

DASAR PEMROGRAMAN DATA, VARIABEL, TYPE DATA, DAN OUTPUT/INPUT

    Disini saya akan berbagi pengetahuan tentang DASPRO (Dasar Pemrograman ) yaitu materi dasar pada jurusan TI (Teknik Informatika)

Dalam pemrograman utk menamai sebuah variabel ada syaratnya :
    1. Bebas
    2. Singkat jelas dan padat
    3. Tidak boleh :
        - Ada spasi
        - Diawali angka
        - Mengandung special char (',."()*&^%
        - Lebih dari 9 huruf.

Terkait dg isi variabel -> TYPE DATA.
    1. HURUF/KUMPULAN HURUF
        - 1 HURUF     : character
        - > 1 HURUF  : string 
    2. ANGKA / KUMPULAN ANGKA/BILANGAN
        - bil. bulat       : integer
        - bil. pecahan  : real/float

1. Ada 4 Type Data
   a. Character          : char           ex : char sim; 
   b. String                : char [n]      ex : char kota[20];  char nama_tmn[30];
   c. Integer               : int             ex : int umur;
   d. Real/Float          : float          ex : float berat;

2. Output / Input
       OUTPUT : fungsi utk menampilkan isi dari variabel.
   perintah : printf
       jika variabel yg akan ditampilkan ber-type data :
   a. character    : %c
       printf("Simnya : %c", sim);
   b. string         : %s
       printf("Namanya adalah : %s", nama_tmn);
   c. integer       : %d
   d. float           : %f
 
      INPUT : fungsi utk memasukkan data via keyboard.
   perintah : scanf
       jika variabel yg akan diinput ber-type data :
   a. character    : %s  + &
       scanf("%s", &sim);
   b. string         : %s  + &
       printf("Namanya adalah : %s", nama_tmn);
   c. integer       : %d + &
   d. float           : %f + &

Untuk Operator MATEMATIKA terdiri dari :
a. Sama Dengan        : ==
b. Tidak Sama Dengan    : !=  
c. Lebih Besar        : >
d. Lebih Kecil        : <
e. Lebih Besar Sama Dg    : >=
f. Lebih Kecil Sama Dg    : <=


Contoh Sederhananya :
   1. buatlah program untuk menghitung luas lingkaran.
       -> terdapat 3 variabel yaitu :
           a. luas lingkaran       : luas_ling     -> real/float
           b. phi                      : phi              -> real/float
           c. Jari-Jari lingk.      : jari              -> integer
Penulisan Dalam Turbo-C

    main()
    {
       float luas_ling;
       float phi; 
       int jari;

       clrscr();
       gotoxy(10,5); printf("Program Menghitung Luas Lingkaran");
  
       phi = 3.14;
       gotoxy(10,6); printf("Inputkan Nilai Jari-Jari   : ");
                      scanf("%d", &jari);
  
       luas_ling = phi * (jari * jari);

       gotoxy(10,9); printf("Luas Lingkaran adalah            : %0.2f", luas_ling);

       getch();
    }

Semoga ilmu yang saya bagikan ini bermanfaat

3 komentar: