Minggu, 04 Desember 2011

STATEMEN KONDISI : IF....THEN (JIKA..MAKA)

A. IF
    1. IF TUNGGAL
     Sintak :
             IF(KONDISI)
              {
              AKSI;
             }

   Ket : Jika "KONDISI" Bernilai Benar/Ya/True, maka "AKSI" Akan dijalankan.

   2. IF JAMAK
    Sintak :    IF(KONDISI 1)
            {
              Aksi 1;
            }
            Else
              IF(KONDISI 2)
              {
                Aksi 2;
              }
              Else
                            IF(KONDISI N)
                {
                  Aksi N;
                }
                ELSE
                {
                  Aksi Lainnya;
                }

Cotoh SOAL :
Soal 1 :
Buatlah program yang dapat menginputkan sebuah Bilangan dan menampilkan dengan sebuah kata
yang merepresentasikan bilangan itu. Bilangan yg dapat direpresentasikan maksimal 3 saja.
ex : Input     : 1
     Output    : SATU

     Input    : 2
     Output     : DUA
   
     Input    : 5
     Output    : DIATAS TIGA

main()
{
    int bil; 
    clrscr();
    gotoxy(10,5);printf("Input Sebuah Bilangan  : "); scanf("%d", &bil);
    if(bil==1)
    {
       gotoxy(10,7);printf("Satu");
    }
    else
       if(bil==2)
       {
         gotoxy(10,7);printf("Dua");
       }
       else
          if(bil==3)
          {
            gotoxy(10,7);printf("Tiga");
          }
       else
          {
            gotoxy(10,7);printf("Lebih dari Tiga");
          }


    getch();
}


Soal 2 :
Si Bolang Baru saja selesai internet-an di warnet. Dia mulai ON pada pukul :36:55
sedangkan Selesai Pukul 12:30:20
Berapa Jam, Berapa Menit dan Berapa Detik dia bermain Internet-an???
main()
{
  int jam_on, menit_on, detik_on;
  int jam_off, menit_off, detik_off;
  int jam_lm, menit_lm, detik_lm;
  clrscr();
  input jam_on, menit_on, detik_on;

  input jam_off, menit_off, detik_off;

  detik_lm = detik_off - detik_on;
  

  getch();
}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar