A. IF
1. IF TUNGGAL
Sintak :
IF(KONDISI)
{
AKSI;
}
Ket : Jika "KONDISI" Bernilai Benar/Ya/True, maka "AKSI" Akan dijalankan.
2. IF JAMAK
Sintak : IF(KONDISI 1)
{
Aksi 1;
}
Else
IF(KONDISI 2)
{
Aksi 2;
}
Else
IF(KONDISI N)
{
Aksi N;
}
ELSE
{
Aksi Lainnya;
}
Cotoh SOAL :
Soal 1 :
Buatlah program yang dapat menginputkan sebuah Bilangan dan menampilkan dengan sebuah kata
yang merepresentasikan bilangan itu. Bilangan yg dapat direpresentasikan maksimal 3 saja.
ex : Input : 1
Output : SATU
Input : 2
Output : DUA
Input : 5
Output : DIATAS TIGA
main()
{
int bil;
clrscr();
gotoxy(10,5);printf("Input Sebuah Bilangan : "); scanf("%d", &bil);
if(bil==1)
{
gotoxy(10,7);printf("Satu");
}
else
if(bil==2)
{
gotoxy(10,7);printf("Dua");
}
else
if(bil==3)
{
gotoxy(10,7);printf("Tiga");
}
else
{
gotoxy(10,7);printf("Lebih dari Tiga");
}
getch();
}
Soal 2 :
Si Bolang Baru saja selesai internet-an di warnet. Dia mulai ON pada pukul :36:55
sedangkan Selesai Pukul 12:30:20
Berapa Jam, Berapa Menit dan Berapa Detik dia bermain Internet-an???
main()
{
int jam_on, menit_on, detik_on;
int jam_off, menit_off, detik_off;
int jam_lm, menit_lm, detik_lm;
clrscr();
input jam_on, menit_on, detik_on;
input jam_off, menit_off, detik_off;
detik_lm = detik_off - detik_on;
getch();
}
Tidak ada komentar:
Posting Komentar