Algoritma adalah : Urutan langkah2 sistematis untuk menyelesaikan masalah.
Notasi / cara penulisan (PSEUDO CODE) terdiri dari 3 bagian.
A. JUDUL/NAMA PROGRAM
B. KAMUS/DEKLARASI
C. ALGORITMA/DEKSRIPSI
Contoh :
Misalkan kita membuatlah algoritma utk menghitung luas lapangan pingpong.
1. Ambil alat ukur.
2. Mengukur lebar
3. mengukur panjang
4. menghitung luasnya = panjang * lebar
5. Menginformasikan luasnya.
Kelima hal diatas adalah langkah2 untuk menyelesaikan masalah, sama halnya pada DASPRO (Dasar Pemrograman), sebelum kita membuat suatu Program, sebaiknya kita membuat Urutan langkah2 sistematis untuk menyelesaikan masalah, untuk mempermudah dalam pengerjaannya
Contoh simpel :
1. Algoritma untuk menghitung Luas Persegi Panjang
JUDUL : LuasPP
{Menghitung Luas Persegi panjang dengan rumus
Luas=Panjang x lebar}
KAMUS :
panjang : integer {Panjangnya persegi Panjang}
lebar : integer {Lebarnya persegi Panjang}
luas : integer {Luas Persegi Panjang}
ALGORITMA
input panjang
input lebar
luas = panjang * lebar
output luas
2. Konversikan jam,menit,detik menjadi detik
misal : 5 jam 10 menit 34 detik = .... detik
JUDUL : KonDetk
{Menghitung Konversi jam,menit,detik menjadi detik dengan cepat }
KAMUS :
jam, menit, detik : integer;
totdetik : integer
ALGORITMA
input jam,menit,detik
totdetik <- (jam*3600)+(menit*60)+detik
output totdetik
Dari 2 contoh diatas akan kita buktikan dengan menggunakan algoritma aka mempermudah pengerjaan program dan akan kita praktekkan dari Rancangan Program menjadi Sebuah Program.
Contoh soal :
Pak Raden mempunyai sejumlah uang.akan dibelikan permen seharga Rp. 45,- perbuah.
1. Dapat berapa buah permenkah ?
2. Jika ada kembalian, berapa ?
3. Jumlah permen yg didapat akan diberikan secara RATA kepada Unyil, Ucrit dan Usrok ?
4. Berapa masing2 mendapat permen ?
5. jika ada sisanya diberikan ke pak ogah, berapa ?
Jawaban Menggunakan Algoritma:
JUDUL : PERMEN
KAMUS
uang : integer
harga : integer
kembalian : integer
jml_permen : integer
pydbg : integer
sisa : integer
ALGORITMA
input uang
harga <- 45
jml_permen <- uang/harga
kembalian <- uang - (jml_permen*harga)
output jml_permen, kembalian
pydbg <- jml_permen/3
sisa <- jml_permen - (pydbg*3)
output pydbg, sisa
Dari Algoritma Diaplikasikan ke Turbo-C
main()
{
int uang,harga,kembalian,jml_permen,pydbg,sisa;
clrscr();
gotoxy(10,5); printf("PERMEN PAK RADEN");
gotoxy(10,7); printf("Inputkan Jumlah Uang : ");
scanf("%d", &uang);
harga=45;
jml_permen=uang/harga;
kembalian=uang-(jml_permen*harga);
gotoxy(10,9);
printf("Jumlah Permen yang didapat : %d", jml_permen);
gotoxy(10,10);
printf("Uang kembaliannya : %d", kembalian);
pydbg=jml_permen/3;
sisa=jmlpermen - (pydbg*3);
gotoxy(10,12);
printf("permen yg dibagi ke u,u,u : %d", pydbg);
gotoxy(10,14);
Getch();
}
Terbukti bahwa Algoritma akan mempermudah kita untuk membuat suatu program
Nice posting gan.
BalasHapusUntuk buku2 tentang pemrograman terbaru, bisa kunjung balik ke tempat saya, gan.
honbookstore.com
Jangan lupa tinggalkan jejak alias komen :)
Salam kenal
Makasih untuk Informasinya :)
BalasHapusTerima kasih,semoga lancar...
BalasHapusCheat BandarQ Online
BalasHapusCheat Sakong Online
Cheat AduQ Online
Kumpulan Cheat Games Online
Agen BandarQ Online
Judi BandarQ Online
BandarQ Online
Agen Sakong Online
Judi Sakong Online
Bandar Sakong Online
What are the best bonuses in casinos with slots? - Lo-Go
BalasHapusFind out which online ventureberg.com/ casino https://jancasino.com/review/merit-casino/ has the best slots to play casino-roll.com and how to gri-go.com claim the best welcome bonuses! Learn how to claim the casino welcome bonus in bsjeon.net