Minggu, 04 Desember 2011

Teori : Algoritma


Algoritma adalah : Urutan langkah2 sistematis untuk menyelesaikan masalah.
Notasi / cara penulisan (PSEUDO CODE) terdiri dari 3 bagian.
    A. JUDUL/NAMA PROGRAM
    B. KAMUS/DEKLARASI
    C. ALGORITMA/DEKSRIPSI

Contoh :
    Misalkan kita membuatlah algoritma utk menghitung luas lapangan pingpong.
        1. Ambil alat ukur.
        2. Mengukur lebar
        3. mengukur panjang
        4. menghitung luasnya = panjang * lebar
        5. Menginformasikan luasnya.
   Kelima hal diatas adalah langkah2 untuk menyelesaikan masalah, sama halnya pada DASPRO (Dasar Pemrograman), sebelum kita membuat suatu Program, sebaiknya kita membuat Urutan langkah2 sistematis untuk menyelesaikan masalah, untuk mempermudah dalam pengerjaannya

Contoh simpel :
1. Algoritma untuk menghitung Luas Persegi Panjang
   JUDUL : LuasPP
    {Menghitung Luas Persegi panjang dengan rumus
    Luas=Panjang x lebar}
  KAMUS :
   panjang : integer  {Panjangnya persegi Panjang}
   lebar   : integer  {Lebarnya persegi Panjang}
   luas    : integer  {Luas Persegi Panjang}
  ALGORITMA
   input panjang
   input lebar
     luas = panjang * lebar
     output luas
2. Konversikan jam,menit,detik menjadi detik
              misal : 5 jam 10 menit 34 detik = .... detik
   JUDUL : KonDetk
    {Menghitung Konversi jam,menit,detik menjadi detik dengan cepat }
   KAMUS :
    jam, menit, detik : integer;
    totdetik          : integer
   ALGORITMA
     input jam,menit,detik
     totdetik <- (jam*3600)+(menit*60)+detik
     output totdetik

Dari 2 contoh diatas  akan kita buktikan dengan menggunakan algoritma aka mempermudah pengerjaan program dan akan kita praktekkan dari Rancangan Program menjadi Sebuah Program.

Contoh soal :
Pak Raden mempunyai sejumlah uang.akan dibelikan permen seharga Rp. 45,- perbuah.
1. Dapat berapa buah permenkah ?
2. Jika ada kembalian, berapa ?
3. Jumlah permen yg didapat akan diberikan secara RATA kepada Unyil, Ucrit dan Usrok ?
4. Berapa masing2 mendapat permen ?
5. jika ada sisanya diberikan ke pak ogah, berapa ?

Jawaban Menggunakan Algoritma:
JUDUL : PERMEN
KAMUS
    uang : integer
    harga : integer
    kembalian : integer
    jml_permen : integer
    pydbg      : integer
    sisa       : integer
ALGORITMA
    input uang

    harga <- 45
    jml_permen <- uang/harga
    kembalian <- uang - (jml_permen*harga)
  
    output jml_permen, kembalian
    pydbg <- jml_permen/3
    sisa <- jml_permen - (pydbg*3)

    output pydbg, sisa

Dari Algoritma Diaplikasikan ke Turbo-C

main()
{
    int uang,harga,kembalian,jml_permen,pydbg,sisa;

    clrscr();
    gotoxy(10,5); printf("PERMEN PAK RADEN");

    gotoxy(10,7); printf("Inputkan Jumlah Uang  : ");
                  scanf("%d", &uang);
    harga=45;
    jml_permen=uang/harga;
    kembalian=uang-(jml_permen*harga);
    gotoxy(10,9);
    printf("Jumlah Permen yang didapat : %d", jml_permen);
    gotoxy(10,10);
    printf("Uang kembaliannya          : %d", kembalian);
    pydbg=jml_permen/3;
    sisa=jmlpermen - (pydbg*3);
    gotoxy(10,12);
    printf("permen yg dibagi ke u,u,u  : %d", pydbg);
    gotoxy(10,14);
Getch();
}

Terbukti bahwa Algoritma akan mempermudah kita untuk membuat suatu program

5 komentar:

  1. Nice posting gan.
    Untuk buku2 tentang pemrograman terbaru, bisa kunjung balik ke tempat saya, gan.
    honbookstore.com
    Jangan lupa tinggalkan jejak alias komen :)

    Salam kenal

    BalasHapus
  2. Makasih untuk Informasinya :)

    BalasHapus
  3. Terima kasih,semoga lancar...

    BalasHapus
  4. What are the best bonuses in casinos with slots? - Lo-Go
    Find out which online ventureberg.com/ casino https://jancasino.com/review/merit-casino/ has the best slots to play casino-roll.com and how to gri-go.com claim the best welcome bonuses! Learn how to claim the casino welcome bonus in bsjeon.net

    BalasHapus